Senin, 09 Juni 2014

Bronzi (Bronis Gizi)



Pada dasarnya usaha pembuatan Brownies Gizi ini merupakan salah satu usaha yang bergerak di bidang home industri dan memanfaatkan bidang pertanian dalam hal ini adalah 
bahan pangan yaitu Sayuran. didalam pengembangannya usaha ini masih tergolong langka di masyarakat, khususnya di Sumatera Utara, Jika biasanya brownies diidentik dengan warna hitam kecokelat dan rasa manis yang kaya akan cokelat, kali ini kami membuat versi dan rasa yang berbeda yaitu dengan menggunakan sayuran sebagai pewarna sekaligus bahan utama dalam pembuatan brownies tersebut, mengingat tingginya nilai gizi di dalam sayuran dan masih sedikitnya peminat sayuran terutama anak – anak yang mendorong kami selaku kelompok wirausaha mahasiswa yang terdiri dari 3 orang Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pembangunan Panca Budi untuk membuat brownies sayur yang kami beri nama “Bronsay”. Dan jika dilihat dari sektor pasar usaha Brownies Sayur ini memiliki potensi permintaan pasar yang cukup menjanjikan mengingat masih banyaknya peminat brownies hingga saat ini. 

A.    NILAI GIZI YANG TERDAPAT DALAM PRODUK
Karena menggunakan sayuran sabagai bahan utamanya maka nilai gizi yang terkandung di dalam brownies sayur ini juga banyak diantaranya :

1.      Brownies Sayur Wortel kaya akan Vitamin C
2.      Brownies Sayur Bayam mengandung  zat besi tinggi, bayam juga mengandung Vitamin A, B, C, dan K, Kalium serta fosfor selain itu bayam juga mengandung betakaroten, lutein, klorofil, asam folat dan mangan.

3.      Brownies Ubi jalar ungu mengandung lisin, Cu, Mg, K, Zn rata-rata 20%. Dan juga merupakan sumber karbohidrat serta kalori yang cukup tinggi. Ditambah dengan sumber vitamin dan mineral, vitamin yang terkandung dalam ubi jalar antara lain vitamin A, vitamin C, thiamin (vitamin B1), dan riboflavin. Sedangkan mineral dalam ubi jalar diantaranya adalah zat besi (Fe), fosfor (P), dan kalsium (Ca).
4.      Brownies Sayur Jagung mengandung Kalori sebesar 355 Kalori, Protein sebesar 9,2 gr, lemak sebesar 3,9 gr, karbohidrat sebesar 73,7 gr, kalsium sebesar 10 mg, fosfor sebesar 256 mg, ferrum sebesar 2,4 mg, Vitamin A sebesar 510 SI, Vitamin B1 sebesar 0,38 mg dan air sebesar 12 gr

5.      Brownies Sayur Kentang selain sebagai sumber karbohidrat yang tinggi kentang juga mengandung protein, lemak, kalsium, fosfor, serat, zat besi, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin C, dan Niacin yang sangat bermanfaat bagi tubuh. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar